oleh

DPRD Angkat Suara Soal Kebakaran Puncak Darma Geopark Ciletuh Sukabumi

-Berita-250 views

SUKABUMI – Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Andri Hidayana angkat suara terkait kebakaran objek wisata Puncak Darma di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi pada Sabtu, 30 September 2023.

Andri menyebut masyarakat harus mematuhi imbuan dan larangan pembakaran lahan untuk kepentingan apa pun, sesuai surat edaran yang dikeluarkan Bupati Sukabumi untuk camat dan kepala desa. Diketahui, Puncak Darma kebakaran sejak Sabtu siang hingga malam.

“Kami berharap warga lebih hati-hati dan waspada, terutama di wilayah Geopark Ciletuh untuk tidak melakukan pembakaran lahan, disengaja atau tidak,” ujarnya kepada Awak media, Minggu (1/10/2023).

Kebakaran Puncak Darma yang berada di Kampung Cibuti RT 03/06 Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, kata Andri, menjadi perhatian besar. Kesadaran semua lapisan masyarakat menurutnya penting dihadirkan demi terjaganya lingkungan.

“Kejadian kebakaran di wilayah Kabupaten Sukabumi jangan terulang kembali,” katanya.

Meski telah hangus terbakar, Puncak Darma yang tepat di pinggir Jalur Sabuk Geopark Ciletuh Sukabumi atau Jalan Loji-Palangpang, masih ramai didatangi wisatawan. Pengunjung sempat kaget ketika tahu titik ikonik Geopark Ciletuh Sukabumi ini kebakaran.

“Kaget saat ke sini ada bekas kebakaran. Ditanya ke penjaga parkir katanya kejadiannya kemarin malam. Tidak berpengaruh sih karena melihat pemandangan laut, sawah, dan rumah-rumah warga dari ketinggian. Hanya kelihatan gersang di sekitar Puncak Darma,” ujarnya.

Adapun lahan yang terbakar merupakan milik warga bernama Yapto dengan luas sekitar 5 hektare. Hingga saat ini penyebab awal adanya api belum diketahui.

Geopark Ciletuh Sukabumi atau lengkapnya Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) tersebar di 74 desa di delapan kecamatan Kabupaten Sukabumi yakni Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Ciracap, dan Surade.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed