oleh

Operasi Ketupat Lodaya 2023, Ini Pesan Bupati Sukabumi

Sukabumi || Operasi Ketupat Lodaya 2023 resmi dimulai. Apel Gelar Pasukan yang melibatkan 400 personel gabungan dipimpin Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Senin (17/4/23).

Operasi Ketupat Lodaya merupakan sandi bagi pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah oleh kepolisian terutama dalam hal arus mudik. Personel yang terlibat bukan hanya kepolisian, namun juga TNI, Pemkab Sukabumi, dan para relawan.

“Operasi Ketupat Lodaya tahun 2023 harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Personel harus mampu mendeteksi persoalan yang dapat menimbulkan kesulitan masyarakat untuk mengakses wilayah Kabupaten Sukabumi. Pengalaman di tahun sebelumnya harus menjadi pencermatan, agar pengamanan mudik lebaran bisa berjalan aman dan kondusif,” tutur Marwan.

Ia mengatakan, volume kendaraan yang akan masuk ke Kabupaten Sukabumi diprediksi sangat meningkat. Hal itu dipengaruhi oleh landainya wabah pandemi Covid-19.

“Masyarakat harus mengikuti jadwal buka tutup jalur ketika hendak pulang kampung mau pun berlibur. Sehingga tidak ada sikap memaksakan diri. Dan harus tetap waspada dengan sebaran Covid-19,” ujarnya.

Di tempat sama Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede menambahkan, pihaknya telah menggelar Tactical Floor Game (TFG) untuk simulasi arus mudik. Ia menyebut, terdapat beberapa alternatif tindakan yang akan dilakukan oleh personel gabungan.

“Untuk jalur utara sejak pukul 5 sore kendaraan besar dilarang melintas. Kecuali angkutan BBM, angkutan mudik, dan angkut air mineral. Apabila terjadi penumpukan arus, kendaraan kecil akan diarahkan ke jalan alternatif Tenjoayu. Kemudian kendaraan yang menuju Palabuhanratu akan diarahkan menuju simpang Nagrak,” jelasnya.

Sementara itu seluruh kendaraan wisatawan yang akan menuju Palabuhanratu, kata Maruly, akan diarahkan melewati Warungkiara. Sedangkan untuk arus balik, akan diarahkan melalui jalan Cikidang.

“Untuk masyarakat dan wisatawan, silakan ikuti.rencana rekayasa arus yang akan diberlakukan. Semoga dan perjalanan wisatanya bisa lebih nyaman,” tandasnya. ( Y.S.M )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed